9.26.2012

S.I.A (Sistem Informasi Akuntansi)

Pengertian SIA

Menurut Stephen A.Moscove
Sistem Informasi Akuntansi adalah suatu komponen organisasi yang mengumpulkan, mangklasifikasikan, mengolah, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi finansial dan pengambila keputusan yang relevan kepada pihak diluar perusahaan (seperti kantor,pajak, investor, dan kreditor) dengan pihak intern (terutama manajemen).

Menurut George H.Bodnar
SIA adalah kumpulan dari sumber-sumber daya semacam orang-orang dan peralatan,dirancang untuk mengubah data ekonomi kedalam informasi yang berguna.

SIA melaksanakan empat tugas dasar pengolahan data, yaitu :
  1. Pengumpulan data
  2. Manipulasi data
  3. Penyiapan data
  4. Penyiapan dokumen 

Fungsi penting SIA dalam organisasi :
  1. Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas-aktivitas organisasi.
  2. Mengubah data menjdi informasi yang berguna bagi pihak manajemen untuk membuat keputusan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan.
  3. Menyediakan pengendalian  yang memadai untuk menjaga aset organisasi termasuk data perusahaan.

Informasi yang dihasilkan SIA antara lain :
  • Neraca
  • Laporan laba/rugi
  • Laporan perubahan modal
  • Laporan arus kas

AKUNTANSI

Pengertian Akuntansi

Akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah, dan menyajikan data transaksi, serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya.

Akuntansi menurut A.A.A ialah proses mengidentifikasi, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputuan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

Akuntansi sendiri berasal dari bahasa asing yaitu Acconting yang artinya bila diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia adalah menghitung atau mempertanggungjawabkan. Akuntansi digunakan hampir diseluruh kegiatan bisnis diseluruh dunia. 

Fungsi utama akuntansi adalah sebagai informasi keuangan suatu organisasi. Dari laporan akuntansi kita bisa melihat posisi keuangan suatu organisasi beserta perubahan yang terjadi didalamnya. Akuntansi dibuat secara kualitatif dengan suatu ukuran uang. Informasi mengenai keuangan sangat dibutuhkan, terutama oleh pihak manajer/ manajemen untuk membantu membuat keputusan suatu organisasi.

Pemakai informasi Akuntansi meliputi :
  • Pemilik perusahaan
  • Karyawan
  • Manajemen
  • Asosiasi dagang
  • Kreditur
  • Analis dan konsultan keuangan
  • Dll
Bidang-bidang Akutansi meliputi :
  • Akuntansi keuangan
  • Auditing
  • Akuntansi Biaya
  • Akuntansi Pajak
  • Akuntansi Anggaran
  • Akuntansi Internasianal
  • Akuntansi Pendidikan
  • Dll       


Referensi : organisasi.org

INFORMASI

Pengertian Informasi


Kata informasi berasal dari kata Perancis kuno informacion (tahun 1387) yang diambil dari bahasa Latin informationem yang berarti “garis besar, konsep, ide”. Informasi merupakan kata benda dari informare yang berarti aktivitas dalam “pengetahuan yang dikomunikasikan”

Menurut Robert G. Murdick Informasi terdiri atas data yang telah didapatkan, diolah/diproses, atau sebaliknya yang digunakan untuk tujuan penjelasan/penerangan, uraian, atau sebagai sebuah dasar untuk pembuatan ramalan atau pembuatan keputusan

Informasi dapat dikatakan berkualitas apabila telah memenuhi kriteria-kriteria sebagai berikut :
  • Informasi harus akurat dan jelas, Yaitu informasi yang tidak mengandung keraguan-keraguan, sama maksudnya yang disampaikan dengan yang menerima, bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak menyesatkan, harus menjelaskan dan mencerminkan maksudnya atau dengan kata lain tidak menimbulkan pertanyaan bagi penerima informasi tersebut.
  • Up to date (Tepat waktu), Yaitu informasi tersebut datang ke penerima tidak terlambat karena informasi yang tidak tepat waktu sudah tidak mempinyai nilai.
  • Informasi harus relevan, Yaitu informasi itu diterima bagi orang yang membutuhkan atau bermanfaat bagi yang menerimanya.



Referensi : Wikipedia 

 

SISTEM


Pengertian Sistem

Sistem berasal dari bahasa latin (systema) dan bahasa Yunani (sustema). Sistem merupakan sekumpulan elemen yang saling berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan tertentu (tujuan organisasi)

Secara garis besar sistem dibagi menjadi 2 :
  • Sistem Fisik
  • Dan Sistem Abstrak 
 
Kata "sistem" banyak sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari, dalam forum diskusi maupun dokumen ilmiah. Kata ini digunakan untuk banyak hal, dan pada banyak bidang pula, sehingga maknanya menjadi beragam. Dalam pengertian yang paling umum, sebuah sistem adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka.

Karakteristik Sistem :
  • Organisasi sistem, mencakup keseluruhan struktur dan fungsi organisasi.
  • Interaksi, saling keterhubungan antara bagian (subsistem) yang satu dengan yang lainnya.
  • Interdependensi, hubungan saling ketergantungan antara satu bagian (subsistem) dengan bagian lainnya.
  • Integritas, keterpaduan antar subsistem untuk mencapai tujuan.
  • Tujuan utama, pemusatan tujuan yang sama dari masing-masing subsistem. 
 
 Jenis-jenis sistem :
  1. Deterministik System
  2. Probabilistik System
  3. Open System
  4. Relatively Closed System
  5. Artificial System
  6. Natural System
  7. Manned System


Referensi : Staffsite gunadarma “konsep sistem dan sistem informasi” Dini Wahyuni