Pengertian SIA
Menurut Stephen A.Moscove
Sistem Informasi Akuntansi adalah suatu komponen organisasi yang mengumpulkan, mangklasifikasikan, mengolah, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi finansial dan pengambila keputusan yang relevan kepada pihak diluar perusahaan (seperti kantor,pajak, investor, dan kreditor) dengan pihak intern (terutama manajemen).
Menurut George H.Bodnar
SIA adalah kumpulan dari sumber-sumber daya semacam orang-orang dan peralatan,dirancang untuk mengubah data ekonomi kedalam informasi yang berguna.
SIA melaksanakan empat tugas dasar pengolahan data, yaitu :
- Pengumpulan data
- Manipulasi data
- Penyiapan data
- Penyiapan dokumen
Fungsi penting SIA dalam organisasi :
- Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas-aktivitas organisasi.
- Mengubah data menjdi informasi yang berguna bagi pihak manajemen untuk membuat keputusan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan.
- Menyediakan pengendalian yang memadai untuk menjaga aset organisasi termasuk data perusahaan.
Informasi yang dihasilkan SIA antara lain :
- Neraca
- Laporan laba/rugi
- Laporan perubahan modal
- Laporan arus kas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar