3.03.2013

PINTAR-PINTAR MEMILIH PROGRAM STUDI

PINTAR-PINTAR MEMILIH PROGRAM STUDI

Untuk memilih program study atau jurusan tidaklah mudah. Terutama untuk siswa SMP yang baru saja lulus. Pasti mereka bingung dengan banyaknya pilihan antara masuk SMA / SMK. Jika memilih SMA kita dihadapkan lagi dengan pilihan dengan jurusan IPA/IPS. Apalagi jika memilih SMK yang banyak banget jurusannya. Contohnya Akuntansi, Administrasi Perkantoran, Sekretaris, Bahasa, RPL, Teknik Mesin, Komputer, Tata Boga, dan masih banyak lainnya deh.
Pasti kalian bingung kan mau pilih yang mana? 
Maka dari itu, ada tips nih buat kalian yang BINGUNG dan GALAU memilih jurusan. Gak hanya buat siswa yang baru mau masuk SMA, tapi yang mau melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi simak deh tips berikut ini :

©       Sesuaikan dengan minat, bakat, dan cita-cita
Jika anda memiliki cita-citayang ingin dicapai carilah program studi yang tepatdan sesuai dengan cita-cita anda. Misalnya, anda ingin menjadi dokter, sebaiknya anda memilih program studi kedokteran. Namun jika anda masih bingung dengan cita-cita anda. Anda bisa memilih program studi anda berdasarkan minat dan bakat. Misalnya anda tidak bisa berhitung , maka anda bisa memilih jurusan yang tidak ada hitungannya. Seperti hukum, sastra, dan komunikasi. Untuk mengetahui minat dan bakat anda,anda bisa mengikuti  tes minat dan bakatyang hasilnya akan membantu anda untuk memilih jurusan yang tepat.

©       Lokasi dan biaya
Lokasi dan biaya merupan suatu hal yang penting dan harus diperhatikan dalam memilih program studi dan tempat kuliah. Carilah program studi yang sesuai dengan kemampuan keuangan anda. Jika dana anda terbatas, pilihlah program studi yang letaknya tidak jauh dari tempat tinggal anda, pilihlah tempat yang biaya hidunya tidak terlalu mahal.
Selain itu, anda harus memperhatikan biaya kuliah. Bila dana terbatas,pilihlah tempat yang biaya pendidikannya tidak terlalu mahal.namun biaya bukan lah  segalanya, ana bisa mencari beasiswa jika anda menginginkan tempat favorit dengan biaya yang mahal.

©       Proyeksi ke depan
Sebelum memilih program sudi sebaikya anda mencari tahu lebih dahulu bagaimana proyeksi atau masa dapan dari program studi yang akan anda pilih. Anda harus mencari tahu apakah program studi yang anda ambil akan mengantarkan anda ke karier yang bagus.

©       Informasi yang lengkap dan jelas
Hal yang paling terpenting yang sebelum anda memilih program studi adalah mencari info sebanyak-banyaknya mengenai jurusan yang akan anda pilih. Anda bisa menggali informasi dari orangtua, teman, konsultan pendidikan, tenaga pendidikan,  serta dari orang yang sudah berpengalaman. Anda juga bisa cari tahu melalui internet  dan forum-forum pendidikan.

©       Ikuti hati nurani
Hal yang tak kalah penting adalah ikuti kata hati. Jangan sampai anda mengikuti program studi karna paksaan orang. Anda harus percaya bahwa kemauan, minat, bakat anda akan mengantarkan anda pada cita-cita anda.
Selain itu, anda jangan mudah terpengaruh dengan orang lain sebelum anda mengecek terlebih dahulu. Ada perlu anda konsulasi dengan orangtua anda, dan ikuti kata hati anda. Stelah anda menentukan program studi yang pas. Langkah selanjutnya adalah menentukan perguruan tinggi mana yang menjadi pijakana untuk mencapai cita-cita anda. Tidak lupa       kita berdoa mohon petunjuk  dari Allah, agar pilihan kita adalah yang terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar