1.09.2011

SUMBER DAYA MANUSIA ( SDM ) YANG DIBUTUHKAN SAAT INI

Sumber Daya Manusia ( SDM )
Yang Dibutuhkan Saat Ini


Dalam suatu perusahaan besar maupun kecil keberadaan Manajer atau Sumber Daya Manusia sangat penting. MANAJER itu sendiri merupakan seorang anggota organisasi yang mengawasi dan mengarahkan pekerjaan anggota orang lain. Manajer juga bertanggng jawab langsung dalam sebuah kelompok di sebuah Departemen. Manajemen Sumber Daya Manusia juga merupakan alat strategi yang penting dalam sebuah Departemen.

Saat ini untuk menjadi seorang Manajer tidaklah mudah. Banyak kriteria yang harus dipenuhi selain dia pintar dan mau bekerja keras dia juga harus mampu bersaing dan berkompetitif pada suatu Organisasi.

 Dalam merekrut seorang Manajer pada suatu Departemen awalnya melakukan peninjauan formulir lamaran, mewawancara pelamar, memperkenalkan karyawan baru, menilai kinerjanya, dan memberikan nasihat karier. Untuk menciptakan keterampila serta kerja sama y ng kompok dilakukan praktek-praktek kinerja tinggi seperti rotasi jabatan, kelompok pemecah masalah, mendorong prilaku yang inovatif dan kreatif, dan lain-lain.

Dengan melakukan Praktek kinerja tinggi pasti akan meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan calon karyawan atau karyawan sekarang. Meningkatkan motivasi mereka, mengurangi bermalas-malasan di tempat kerja, dan mendorong diprtahankannya karyaan aau Manajer yang bermutu serta mendorong mereka yang tidak memiliki kinerja yang baik supaya meninggalkan Organisasi tersebut.

Adapun proses untuk mempertahankan kinerja dalam waktu jangka panjang, yaitu :

ü  Perencanaan sumber daya manusia
ü  Penambahan staf melalui perekrutan
ü  Penguranga staf melalui pelepasan
ü  Dan seleksi

Dengan proses di atas akan menghasilkan karyawan atau manajer yang mahir dan terampil. Setelah mendapatkan seorang yang mahir, mak suatu perusahaan perlu membatu mreka untuk beradaptasi pada Organisasi tersebut. Dan menjamin keterampilan dan pengetahuan kinerja mereka terus diperbaharui, dan mengembangkan kegiatan pengembangan karier   yang memadai, serta memberikan sebuah imbalan yang efektif dan efisien. Langkah terakhir dalam proses pegelolaan sumber daya manusia dirancang untuk mengidentifikasikan masalah-masalah kinerja  dan membetulkannya. Kegiatan ini disebut penilaian kinerja.


Berikut adalah langkah-langkah menuju karier Manajemen yang sukses :

ü  Lakukan pekerjaan dengan baik
ü  Sajikanlah citra yang betul
ü  Carilah seorang pembina
ü  Mendukung atasan
ü  Berfikir secara Lateral
ü  Besosialisasi dengan yang lain
ü  Dan meningkatkan keterampilan dalam bekerja.

Istilah manajemen mengacu pada proses mengkoordinasi dan mengitegrasikan kegiatan kerja agar di selesaikan secara efektif dan efisien. Perjuangan Manajemen adalah untuk limbah sumber daya rendah (efisiensi tinggi) dan pencapaian sasaran tinggi (efektivitas tinggi).

Fungsi-fungsi manajemen sebagai berikut :

  • Merencankan (planning)
  • Mengorganisasikan(organizing)
  • Memimpin(leading)
  • Mengawasi (controling)

Kualitas Sumber Daya Manusia yang dibutuhkan saat ini adalah SDM yang mampu mengerjakan tugas2 dengan baik, dan tahu bagaimana cara mengerjakan tugas tersebut dengan baik.  Bertanggung jawab atas tindakan-tindakan apabila menghadapi gangguan mendadak.

Suatu dorongan penting dalam memahami prilaku seorang pekerja ( SDM ) dalam Orgaisasi. Sebuah organisasi adalah suatu pengaturan orang-orang secara sengaja untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Perguruan tinggi atau universitas juga merupakan suatu organisasi. Organisasi mempunyai ciri sebagai berikut :

  • Orang
  • Struktur yang disengaja
  • Dan tujuan yang jelas





Tidak ada komentar:

Posting Komentar