3.26.2011

Bagaimana kiat belajar efisien

Kuliah ( belajar ) yang efisien

Belajarlah setiap hari. Bagi waktu antara belajar, bermain, kuliah, membantu pekerjaan rumah, dan beribadah. Bila perlu buat jadwal aktivitas sehari-hari agar kehidupan kita jadi teratur. Dalam belajar tak perlu waktu lama,itu bisa mengakibatkan kejenuhan untuk kita dalam belajar. Minimalkan waktu belajar sehari 3 jam dengan kurun waktu masing-masing. Misalnya pagi satu jam, siang satu jam, dan malam satu jam. Atau pada sela waktu-waktu tertentu.
Yang terpenting untuk kita adalah kemauan dan niat untuk belajar meskipun hanya membaca beberapa halaman saja. Lebih baik membaca sedikit tetapi kita bisa memahaminya, daripada berlama-lama belajar, sampai satu hingga dua buku kita baca sampai selesai tetapi kita tidak memahaminya. Dan ingat, jangan menghafal pelajaran. Yang baik itu adalah kita membaca perlahan-lahan dan memahami betul-betul yang kita pelajari tanpa perlu dihafal. Kalau kita sudah mengerti akan makna yang dibaca, tanpa dihafal pun kita sudah ingat diluar kepala.
Jangan jadikan belajar itu seperti paksaan, karna kita sendiri yang akan pusing nantinya. Tapi jadikanlah belajar itu sesuatu yang menyenangkan, bila perlu jadikan belajar itu sebuah kebutuhan, supaya kita tahu banyak hal dari apa yang telah kita pelajari.
Sebagai mahasiswa, mungkin hanya segelintir orang saja menerapkan efisiensi belajar yang tertera diatas. Karna jadwal kuliah yang padat dan kepenatan/kecapean yang dirasakan setelah pulang kuliah membuat kita malas untuk belajar. Nah,, untuk mahasiswa bisa menggunakan waktu belajar sebelum berangkat kuliah atau setelah shalat subuh. Mungkin itu waktu yang cukup efisien, sekedar untuk mengulang pelajaran yang dipelajarinya kemarin, atau mempelajari pelajaran yang akan dipelajari sebelum ia berangkat kuliah.

SELAMAT MENCOBA KIAT-KIAT BELAJAR EFISIEN YANG TERTERA DI ATAS !!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar