11.23.2012

Macromedia Flash

LP Minggu Pertama Flash 
(Motion Guide & Masking)

  1. Jelaskan apa yang anda ketahui tentang MOTION GUIDE pada Flash!!
  2. Jelaskan apa yang anda ketahui tentang MASKING pada Flash!!
  3. Sebutkan langkah-langkah membuat Masking pada Flash!!
Jawabb:
    1. Motion Guide adalah  salah satu fasilitas dari flash yang digunakan untuk membuat animasi motion tween bergerak sesuai jalur (guide) yang telah kita buat. Hasil animasi motion guide ini selain halus (karena motion tween) juga lebih teratur karena animasi bergerak sesuai jalur yang kita buat. 
    2. Masking merupakan fasilitas di flash yang mampu membuat objek gambar ditampilkan sesuai dengan objek shape yang kita kehendaki.
    3. 1. Untuk membuat masking siapkan objek atau gambar yang akan kita masking. 2. Klik kanan pada tulisan tersebut dan pilih Convert to Symbol.
      3. Klik dua kali objek yang udah di Convert to Symbol Movie clip tadi, sehingga masuk ke edit movie clip nya.
      4. Kemudian di dalam edit movie clip itu tambahkan 3 layer dengan cara (insert – time line – layer), sehingga layernya menjadi tiga. 
     5. Setelah ditambahkan 3 layer kita copy isi layer pertama (klik di frame 1 layer 1 lalu CTRL + C) dan paste dengan mengklik frame 1 layer 3 dengan menggunakan paste in place (ctrl + shift + V) tujuannya agar letak dan posisi objek sama persis seperti layer pertama.
    6. Dilanjut dengan menambahkan frame di layer 1 dan layer 3, seperti biasa makin banyak frame maka animasi makin cepat dan sebaliknya, saya akan menambahkan di frame 60 dengan cara klik kalan di Frame 60 layer pertama pilih Insert Frame dan klik kanan juga di Frame 60 layer 3 pilih Insert Frame.
    7. Langkah berikutnya kita membuat animasi masking nya.
    8. Letakan objek kotaknya di sebelah kiri objek yang akan di masking.
    9. Kemudian klik kanan terlebih dulu di Frame 30 layer 2 pilih Insert KeyFrame dan pindahkan objek ke ujung kanan dengan cara menariknya pake mouse.
    10. Kemudian ulangi cara di atas. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar