5.11.2011

Bagaimana menjadi seorang pemimpin???

  Bagaimana menjadi seorang pemimpin :

a.    Menyikapi konflik yang terjadi didalam organisasi yang anda pimpin :
1)            Memberikan arahan dan nasehat kepada pihak-pihak yang terlibat dalam organisasi, bahwa konflik tersebut bisa menimbulkan dampak yang mempengaruhi kinerja dan citra perusahaan dalam mencapai sasaran yang ditetapkan organisasi tersebut dan juga pihak-pihak lain yang tak terlibat bisa menjadi tak semaksimal mungkin dalam bekerja akibat konflik tersebut.
2)          Mencari solusi yang tepat untuk memecahkan konflik tersebut baik faktor internal maupun externalnya
3)          Mengambil keputusan yang tepat untuk memecahkan konflik tersebut
4)         Memberikan arahan dan motivasi terhadap pihak lainnya yang tak terlibat dalam konflik tersebut, agar dikemudian hari tidak terjadi kembali hal-hal yang demikian itu.

b.  Cara memotivasi bawahan agar giat bekerja :

1)            Selalu memberikan motivasi terhadap bawahannya
2)          Selalu memberikan contoh teladan terhadap bawahannya baik dari sikap, sifat, maupun perbuatannya.
3)          Selalu menerapkan jiwa disiplin terhadap bawahannya baik disiplin waktu maupun disiplin pekerjaan.
4)         Memberikan konpensasi kepada bawahannya yang berprestasi dalam bekerja agar bekerjanya menjadi lebih giat lagi .

c.   Gaya kepemimpinan dan cara memimpin :

1)            Dalam memimpin harus sesuai dengan prosedur yang diterapkan suatu organisasi, tidak otoriter dalam memimpin
2)          Dalam memimpin harus lebih mengutamakan kepentingan organisasi yang dipimpin dan bawahannya daripada kepentingan pribadinya.
3)          Selalu berinteraksi dengan bawahannya sehingga tak monoton baik dalam memimpin rapat ataupun dalam memimpin suatu organisasi, sehingga bawahan dapat lebih berkreativitas dalam artian luas.
4)         Menjalankan amanah yang di amanatkan bawahannya dalam memimpin suatu organisasi
5)          Benar dalam artian mengurusi segala sesuatu yang dia pimpin dalam suatu organisasi baik bawahan ataupun alat pokok lainnya sesuai dengan alur prosedur cara memimpin
6)          Segala sesuatu hal yang berkaitan dengan organisasi yang dia pimpin harus disampaikan kepada bawahannya sehingga segala sesuatu hal yang menyangkut didalam suatu perusahaan, bawahan dapat mengetahuinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar